Al-Quran Terjemahan Indonesia; Alternatif Terbaik Memahami Al-Quran

By | Mei 25, 2017
Al Quran Terjemahan Indonesia

Mari membaca kitab suci Alquran

Al Quran terjemahan Indonesia merupakan salah satu upaya yang sangat membantu umat Muslim di Indonesia dalam memahami isi kandungan dari Al Quran. Bahasa asal Al-Quran yang merupakan bahasa Arab, tentunya tidak dapat dipahami serta merta oleh semua Muslim di berbagai belahan dunia, termasuk mayoritas umat Muslim yang ada di Indonesia.

Dengan adanya Al-Quran yang berpelengkap terjemahan bahasa Indonesia, tentunya menjadi media yang memudahkan dalam memahami dan mendalami makna dari Al Quran itu sendiri. Sebab menjadi hal yang memudahkan untuk umat Muslim Indonesia dalam memahami isi dari Al-Quran, maka berbagai hal penting terkait penerjemahan Al Quran patut dijadikan sebagai perhatian bagi berbagai pihak yang bermaksud menerjemahkan bahasa Al Quran ke dalam bahasa Indonesia, seperti di antaranya pemahaman terkait ilmu lughat atau kemampuan menerjemahkan setiap kata/harfiah dari bahasa Arab atau bahasa Al Quran ke dalam bahasa Indonesia. Kemudian berbagai disiplin keilmuan lainnya, seperti ilmu nahwu atau ilmu terkait tata bahasa di dalam Al-Quran, ilmu sharaf atau ilmu tentang perubahan bentuk kata di dalam Al-Quran, dan masih banyak lagi ilmu-ilmu lainnya yang mesti dikuasai oleh penerjemah Al-Quran.

Jika ilmu lughat, ilmu nahwu, dan ilmu sharaf merupakan ilmu yang terbilang berupa keilmuan bahasa, keilmuan lainnya yang mesti dikuasai oleh penerjemah Al-Quran ialah ilmu-ilmu di luar bahasa, seperti mengenai ilmu asbabun nuzul atau asal-usul turunnya ayat Al-Quran, ilmu nasikh mansukh atau ilmu yang mempelajari hukum yang masih berlaku dan hukum yang sudah tidak berlaku atau sudah dihapuskan. Ada lagi ilmu fiqih juga ilmu hadist. Serta masih banyak lagi penguasaan ilmu lainnya yang harus dipelajari oleh penerjemah Al Quran.

Terlepas dari ilmu-ilmu di atas, fungsi utama dari terjemahan Al-Quran ialah untuk memudahkan umat Muslim yang awam terhadap bahasa Arab agar dapat memahami Al-Quran dengan bahasa Indonesia. Sebab jika sudah memahami kandungan kitab suci, ibadah akan semakin khusyuk. Peranan Al Quran terjemahan Indonesia sangat membantu untuk proses pemahaman Al Quran Muslim Indonesia. Oleh sebab itu dalam menerjemahkannya pun tidak bisa asal-asalan. Kita bisa merujuk terjemahan versi Departemen Agama Republik Indonesia atau bisa disini.

Wallahu a’lamu bissawaab..

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *