Sejarah Dan Pengertian Psikologi

By | Mei 31, 2010

Sebelum abad ke-19 studi tentang tingkah laku manusia adalah merupakan pembahasan para filosof dan para teolog, tetapi kemudian dari hasil penemuan para ilmuan, seperti Galileo, Issac Newton dan lain lain, perhatian tentang manusia dan tingkah lakunya, sedikit demi sedikit berpindah ke tangan para ilmuan. Atau dapat juga dikatakan psikologi merupakan ilmu termuda karena sebelum abad ke-19 psikologi berada di bawah pengaruh filsafat yang kemudian melepaskan diri dari filsafat dan menjadi ilmu yang sejajar dengan ilmu-ilmu yang lain.Wilhelm Wundt (1832-1920), diakui sebagai pendiri dari psikologi ilmiah. Beliaulah yang mendirikan laboratoprium psikologi resmi yang pertama kali di Universitas Lepzing,Lipzing,Jerman pada tahun 1879. Setelah masa itu mulailah bermunculan beraneka aliran-aliran psikologi,seperti psikologi fungsionalisme yang dikembangkan oleh Willam James di Amerika, psikologi gestalt didirikan di Jerman, psikologi freud yang dikembangkan di Wina, psikologi eksperimental oleh William Wundt di Jerman da John B.Watson mengembangkan behaviorisme di Amerika.

Pengertian Psikologi

Psikologi berasal dari bahasa yunani yaitu psycho dan logos ynag artinya adalah “jiwa dan ilmu“.psikologi adalah Ilmu yang menyelidiki dan membahas tentang proses mental manusia (psychology is the science of mental processe and behavior). Berbicara mengenai jiwa, kita juga harus mengetahui apa itu jiwa? Jiwa itu mempunyai banyak definisi,antara lain :

• Sesuatu yang tidak bisa diindera kecuali dirasakan
• Sesuatu yang bersifat abstrak
• Komponen-komponen nya ada dalam diri manusia
• Sesuatu yang aktif mendorong diri untuk berperilaku.

Dan dari sekian banyak definisi dapat kita simpulkan bahwa Jiwa adalah aktifitas yang ada dalam diri manusia yang mendorong timbulnya perilaku. Dan perilaku sendiri adalah aktifitas yang dapat diamati (External Activity).

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *